Permasalahan

PERMASALAHAN YANG DIHADAPI

Pelaksanaan Perlombaan Kelurahan Tingkat Kota Kediri Tahun 2011 secara keseluruhan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Namun demikian tidak berarti tanpa suatu kendala apapun, ada beberapa permasalahan yang dihadapi dalam kurun pelaksanaan lomba yang selanjutnya dicari solusi pemecahannya. Beberapa permasalahan tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Kekurangsiapan Pemerintah Kelurahan dalam pelaksanaan perlombaan ini, dengan alasan bahwa rentang waktu sosialisasi dan penilaian terlalu dekat.
  2. Secara umum kelurahan peserta lomba mengaku mengalami kesulitan dalam memenuhi kelengkapan administrasi dan data pendukung seperti disyaratkan dalam Petunjuk Pelaksanaan Perlombaan Desa dan Kelurahan (Permendagri Nomor 13 Tahun 2007), selain karena banyaknya agenda kegiatan dan adanya mutasi atau purna tugas staf yang menangani bidang-bidang dalam indikator penilaian, juga karena instrumen penilaian relatif sangat luas.
  3. Indikator penilaian, bobot dan skoring kurang spesifik serta masih bias sehingga terjadi perbedaan persepsi dalam penilaian di antara Tim Penilai Tingkat Kecamatan dan Tim Penilai Tingkat Kota.
  4. Meskipun cenderung berkurang, masih saja ada stigma negatif di masyarakat bahwa Perlombaan Kelurahan hanya akan menghabiskan dana, menguras tenaga dan akan menimbulkan masalah di kemudian hari pasca lomba.

UPAYA PEMECAHAN MASALAH

Dari berbagai permasalahan di atas, kiranya upaya pemecahan masalah yang dapat diambil antara lain :

  1. Untuk antisipasi pendeknya rentang waktu sosialisasi ke penilaian, dilakukan penyampaian informasi kegiatan perlombaan ke Tingkat Kecamatan dan Kelurahan lebih awal agar Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan melakukan persiapan-persiapan yang diperlukan guna mendukung pelaksanaan perlombaan dimaksud.
  2. Memberikan bimbingan dan petunjuk pengisian serta melakukan pembinaan administrasi kepada Perangkat Kelurahan dan LKK (Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan).
  3. Segera menginformasikan kepada Anggota Tim Perlombaan Kelurahan Tingkat Kota dan Kecamatan untuk segera mempelajari dan memahami masing-masing indikator yang menjadi beban tugasnnya.
  4. Guna menghapus stigma negatif tentang Perlombaan Kelurahan, perlu dilakukan upaya-upaya :
    • Memberikan pencerahan/pengarahan kepada pemerintah kelurahan dan masyarakat bahwa hakekat Perlombaan Kelurahan adalah sebagai sarana untuk mendorong usaha pembangunan dan partisipasi masyarakat yang sekaligus sebagai sarana evaluasi terhadap hasil-hasil pembangunan kelurahan yang dilaksanakan pemerintah kelurahan beserta masyarakat;
    • Mengingatkan bahwa lomba kelurahan ini merupakan momen berharga untuk memperbaiki pola tata administrasi kelurahan serta kesempatan untuk menunjukkan prestasi;
    • Memberi peringatan tegas sejak awal agar dalam pelaksanaan dihindari acara seremonial dan budaya visualisasi yang berlebihan.
    • Memberikan reward dan prioritas lokasi proyek/program/kegiatan bagi kelurahan pemenang untuk menunjang pengembangan potensinya lebih lanjut.

Leave a comment