Pelaksanaan

PELAKSANAAN PERLOMBAAN

Mengacu pada petunjuk teknis sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2007 tentang Perlombaan Desa dan Kelurahan, Perlombaan Desa dan Kelurahan dilaksanakan secara berjenjang mulai dari Tingkat Kecamatan, Tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi dan terakhir Tingkat Nasional. Maka, pelaksanaan Perlombaan Kelurahan Tingkat Kota di Kota Kediri sebelumnya didahului oleh pelaksanaan Perlombaan Kelurahan di 3 (tiga) kecamatan wilayah Kota Kediri (Kecamatan Kota, Kecamatan Pesantren dan Kecamatan Mojoroto). Adapun kelurahan-kelurahan yang lolos dan menjadi juara pertama pada Perlombaan Kelurahan di tingkat masing-masing Kecamatan tersebut selanjutnya didelegasikan dalam Perlombaan Kelurahan Tingkat Kota Kediri. Kelurahan-kelurahan tersebut antara lain yaitu:

  1. Kelurahan Kampung Dalem, adalah Pemenang Perlombaan Kelurahan Tingkat Kecamatan Kota. Kelurahan Kampung Dalem terpilih menjadi kelurahan terbaik dari 17 (tujuh belas) kelurahan yang ada di Kecamatan Kota. Hal ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Camat Kota Kota Kediri  Nomor : 09 Tahun 2011 tentang Penetapan Juara Lomba Kelurahan se-Wilayah Kecamatan Kota  Kota Kediri Tahun 2011.
  2. Kelurahan Blabak, adalah Pemenang Perlombaan Kelurahan Tingkat Kecamatan Pesantren. Kelurahan Blabak terpilih menjadi kelurahan terbaik dari 15 (lima belas) kelurahan yang ada di Kecamatan Pesantren. Hal ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Camat Pesantren  Kota Kediri  Nomor : 08 Tahun 2011  tentang Penetapan Urutan Terbaik Penilaian Perlombaan Kelurahan Tingkat Kecamatan Pesantren Kota Kediri Tahun 2011.
  3. Kelurahan Tamanan, adalah Pemenang Perlombaan Kelurahan Tingkat Kecamatan Mojoroto. Kelurahan Tamanan terpilih menjadi kelurahan terbaik dari 14 (empat belas) kelurahan yang ada di Kecamatan  Mojoroto.  Hal ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Camat Mojoroto Kota Kediri  Nomor : 6 Tahun 2011  tentang Penetapan Urutan Terbaik Penilaian Perlombaan Kelurahan Tingkat Kecamatan Mojoroto  Kota Kediri Tahun 2011.

TAHAPAN DAN JADWAL PENILAIAN PERLOMBAAN KELURAHAN TINGKAT KOTA KEDIRI TAHUN 2011

  1. Penilaian Administrasi
    Yaitu penilaian atas kelengkapan sajian data dan tata urutan Laporan Pelaksanaan Perlombaan Kelurahan Tingkat Kecamatan sebagaimana Petunjuk Teknis Pelaksanaan Perlombaan Desa/Kelurahan Provinsi Jawa Timur Tahun 2011, dengan jadwal penilaian tanggal 21 Februari s/d 7 Maret 2011.
  2. Penilaian Presentasi dan Penilaian Lapangan
    Penilaian pada tahap ini didasarkan pada bobot materi penyajian, sistematika penyajian, kerjasama tim, dan ketepatan waktu saat presentasi atau paparan sekaligus penilaian atas kecocokan data administrasi dan penyajian presentasi dengan realitas di lapangan meliputi 8 Indikator Penilaian, penilaian potensi dan inovasi lokal yang dikembangkan serta penilaian faktor kesulitan berikut solusi pemecahannya.

Penilaian presentasi dan penilaian lapangan ini sengaja dilakukan secara bersamaan (satu jadwal) dengan dasar pertimbangan antara lain :

  • Jumlah peserta lomba yang sedikit/hanya 3 (tiga) kelurahan;
  • Prinsip “efisien” pelaksanaan sebagaimana ditekankan dalam Petunjuk Teknis Pelaksanaan Perlombaan Desa/Kelurahan Provinsi Jawa Timur Tahun 2011;
  • Agar pelaksanaan penilaian sekaligus evaluasi dapat optimal.

HASIL YANG DICAPAI

Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Pembahasan Hasil Pelaksanaan Evaluasi Dan Penilaian Obyektif (penilaian administrasi, presentasi maupun penilaian lapang) Tim Penilai Perlombaan Kelurahan Tingkat Kota Kediri Tahun 2011 pada tanggal 17 Maret 2011, maka diperoleh hasil sebagai berikut :


Berdasarkan hasil penilaian tersebut di atas maka urutan pemenang dalam Perlombaan Kelurahan Tingkat Kota Kediri Tahun 2011 sebagaimana dituangkan dalam Surat Keputusan Walikota Kediri Nomor : 188.45/161/419.16/2011 tentang Penetapan Urutan Juara Perlombaan Kelurahan Tingkat Kota Kediri Tahun 2011 adalah sebagai  berikut :

  1. Juara Pertama diraih oleh Kelurahan Blabak Kecamatan Pesantren.
  2. Juara Kedua diraih oleh Kelurahan Kampung Dalem Kecamatan Kota.
  3. Juara Ketiga diraih oleh Kelurahan Tamanan Kecamatan Mojoroto.

Dengan terpilihnya Kelurahan Blabak sebagai Juara Pertama Perlombaan Kelurahan Tingkat Kota Kediri Tahun 2011, maka Kelurahan Blabak berhak maju sebagai wakil Kota Kediri pada Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2011.

Leave a comment