Potensi dan Prestasi Kelurahan Blabak

SAMBUTAN WALIKOTA KEDIRI

Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kegiatan tahunan Perlombaan Kelurahan Tingkat Kota Kediri sampai dengan penyusunan laporan perlombaan ini telah diselesaikan tepat waktu, tanpa hambatan yang berarti.

Apresiasi yang tinggi untuk seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam suksesnya penyelenggaraan agenda rutin tahunan ini. Cukup membanggakan bahwasannya pelaksanaan Perlombaan Kelurahan di Kota Kediri tahun ini secara kualitas meningkat baik dari sisi penyelenggaraan maupun dari sisi hasil. Hal ini mengindikasikan hakekat pelaksanaan lomba untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri (inner will) yang sekaligus mengevaluasi keberhasilan usaha masyarakat dalam pembangunan kelurahan pada kurun 2 (dua) tahun terakhir, di berbagai bidang termasuk pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, politik, budaya, partisipasi dan keswadayaan serta lainnya.

Keberhasilan pelaksanaan lomba kelurahan ini tampak nyata dari kian meningkatnya antusiasme peserta lomba (pemerintah kelurahan berikut masyarakatnya) dalam melakukan persiapan maupun pada saat dilakukan penilaian lapang. Kesempatan untuk berkompetisi sekaligus melakukan evaluasi terhadap capaian hasil pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, disadari benar oleh masyarakat berguna untuk memacu peningkatan pembangunan di kelurahannya.

Laporan ini juga disajikan sebagai bentuk pertanggungjawaban publik, di samping untuk melengkapi persyaratan administrasi untuk lolos dalam Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Penentuan Kelurahan Blabak sebagai juara pertama Perlombaan Kelurahan Tingkat Kota Kediri Tahun 2011 dipastikan tidak mudah, mengingat seluruh peserta lomba mempunyai prestasi membanggakan dalam sektor pembangunan dan pemberdayaan masyarakatnya. Namun demikian, melalui beberapa proses seleksi mulai dari administrasi, presentasi dan penilaian lapang  yang mengacu pada 8 (delapan) Indikator penilaian sebagaimana Permendagri 13 Tahun 2007,  Kelurahan Blabak memperoleh total skor tertinggi dan diputuskan sebagai pemenang.

Kami sadar dalam penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu, dengan segenap kerendahan hati, kami haturkan laporan ini kepada yang terhormat Bapak Gubernur Jawa Timur cq. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Propinsi Jawa Timur dan Tim perlombaan Desa/ Kelurahan Tingkat Propinsi untuk mendapatkan petunjuk dan penilaian.
Semoga sarana lomba ini dapat menjadi pemacu semangat kita untuk senantiasa giat membangun Kota Kediri, mewujudkan masyarakat Kota Kediri yang makmur, berakhlak dan mandiri. Amin.

Kediri,        Mei 2011
WALIKOTA KEDIRI

H. SAMSUL ASHAR

Leave a comment